GTA DOWNLOAD COUNTY

Jumat, 07 Oktober 2011

NOSTALGIA GTA III GAME LAWAS YANG MENAWAN

NOSTALGIA: GRAND THEFT AUTO III

11 January 2011no comments Rehat, Reminisensi, Tilikan
GRAND THEFT AUTO III
Masa liburan akhir semester ganjil telah tiba. Saatnya merehatkan pikiran sejenak. Satu bulan, ya sekitar satu bulan lamanya waktu liburan ini. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin membagi satu game lawas nan menarik untuk mengisi waktu liburan ini. Ya, seperti judul di atas, game yang akan saya ulas adalah Grand Theft Auto III (GTA III). Game lawas keluaran Rockstar ini begitu terkenal pada masanya. Tahun ini bertepatan dengan ulang tahun kesepuluh dari game ini sendiri. Ya, benar game ini dirilis pada tahun 2001 untuk Playstation 2 dan tahun berikutnya untuk PC dan Xbox

Menu Utama
Saya akan mengulas versi PC-nya karena versi inilah yang saya mainnkan. Versi PC secara keseluruhan permainan sama seperti versi konsol nya. Namun, terdapat beberapa kelebihan pada versi PC. Lingkungan yang lebih detil, dukungan untuk resolusi tinggi, pemutar MP3 (seperti radio), dan yang paling saya sukai adalah kemampuan modifikasi.
Liberty City?
Anda akan ditempatkan di sebuah kota fiktif bernama Liberty City. Kota yang dibangun menyerupai New York. Liberty City terbagi dalam tiga wilayah, Portland, Staunton, dan Shoreside Vale. Permainan dibuka di Portland, wilayah yang dihuni oleh Mafia, Triad, dan Diablo. Wilayah yang menrut Wikipedia berdasarkan Queens dan Brooklyn. Penuh dengan industri dan orang-orang miskin (terlihat dari pakaiannya). Portland memiliki sarana transportasi kereta api (elevated train). Jenis mobil yang berkeliaran di wilayah ini mayoritas kelas ekonomi.

Portland-Red Light District
Staunton Island dapat dimasuki melalui Portland. Jalurnya, melalui Subway, terowongan mobil, jembatan (Callahan Bridge), dan menggunakan Boat. Jalur tersebut dapat ditempuh jika misi utama di Portland sudah habis. Staunton Island tampak seperti Manhattan. Gedung-gedung tinggi bertebaran di wilayah ini. Mobil-mobil yang berkeliaran pun kelas eksekutif. Ditengahnya terdapat taman (Belleville Park) yang menyerupai Central Park. Wilayah ini dikuasai oleh Yakuza, Colombian Cartel, dan Jamaican Yardies.

Staunton Island-Bedford Point
Wilayah terakhir yang akan terbuka adalah Shoreside Vale. Wilayah yang tampak seperti The Bronx. Terdiri dari pemukiman dan satu bandara. Seperti halnya Staunton, wilayah Shoreside Vale bisa dimasuki jika sudah menyelesaikan misi utama di Staunton.

Shoreside Vale-Francis Intl. Airport
Ketiga wilayah ini dihubungkan oleh tunnel dan subway. Namun, kedua jalan tersebut dapat dilalui jika masing-masing wilayah sudah terbuka dengan menyelesaikan misi utama.
Gameplay
Bermain sebagai protagonis “no name[1] kita diberikan kebebasan dalam permainan. Salah satu hal yang membuat game ini disambut baik adalah kebebasan gamer untuk mengeksplorasi lingkungan dengan berbagai kendaraan yang tersedia. Ya, secara umum game ini dapat disebut sebagai gabungan genre genre game, yaitu driving dan shooting. Keduanya digabung dengan sudut pandang orang ketiga (third person). Tidak seperti serial sebelumnya, GTA III menggunakan teknologi 3D.
Game ini menyuguhkan berbagai kendaraan untuk melancarkan tugas. Kendaraan yang tersedia dapat dibagi menjadi tiga, yaitu, darat, laut, dan udara. Kendaraan di darat terdiri dari dua jenis, yaitu mobil dan kereta api. Mobil yang tersedia dari mulai taxi hingga tank. Bagi pecinta mobil sport, di jalanan Staunton banyak ditemui mobil macam ini. Jumlah kendaraan mencapai 50 lebih.
Setiap wilayah memiliki tempat persinggahan (safe house). Tiap kali kita menyimpan data (save game) maka waktu akan maju enam jam, sama halnya dengan tidur. Liberty City juga menyediakan berbagai jasa seperti pengecatan ulang mobil (sekaligus perbaikan), di Pay n Spray, untuk jasa ini dikenakan biaya. Senjata pun diperjualbelikan secara bebas di Ammunation. Jika ingin memasang bom di mobil silahkan kunjungi 8-Ball. Uang didapatkan ketika misi selesai, jika mau uang tambahan lakukan kerja sambilan menjadi supir taksi, polisi, atau paramedis. Caranya “pinjam” mobil mereka lalu ikuti instruksi di pojok kanan atas layar.
On-Foot, Anda bisa sprint dan melompat. Sayang kemampuan untuk berenang belum diimplementasikan pada seri ini. Sama halnya dengan kehadiran sepeda, motor, dan helicopter.
Perlu diperhatikan juga adalah tanda bintang (wanted level) semakin banyak bintang semakin gigih polisi mengejar. Oia game ini juga menawarkan pergantian siang dan malam secara realtime dengan adanya jam. Cuaca pun senantiasa berubah, cerah, hujan, atau kadang berkabut.
Screenshots

Pembajakan :D
Ya, salah satu mobil yang tersedia untuk “dipinjam” adalah taksi. Taksi bisa juga menjadi alternatif untuk mendapatkan uang. Ambil penumpang lalu antarkan ke tempat tujuan dalam waktu yang ditentukan. Waktu yang disediakan cukup bila perjalanan tidak diwarnai banyak tabrakan. Kalau sudah mepet antarlah seperti mengantar penumpang pada game Crazy Taxi.

Subway
Salah satu transportasi masal yang disediakan oleh Liberty City, subway. Sarana ini menghubungkan tiga wilayah, Portland, Staunton Island, dan Shoreside Vale. Tranportasi ini terbuka jika sudah menyelesaikan misi utama. Ya, dengan ini kita tidak perlu menyetir sendiri melewati kemacetan di jalanan Liberty City. Cepat dan murah :D .

Ammu-Nation
Tempat pembelian senjata, Ammu-Nation. Informasi senjata yang tersedia akan diberitahukan melalui pager. Tentunya dengan menjalankan misi utama maka senjata akan terbuka. Jenis senjata yang tersedia di Ammu-Nation adalah senjata api. Jenis senjata yang tersedia di game ini cukup banyak dari pemukul baseball sampai bazooka.
Modifikasi
Ini bagian yang saya suka dari game ini. Terbuka untuk dimodifikasi, saya hanya penikmat saja bukan pembuat modifikasi.

Intercity Highway Mod
Inilah modifikasi berupa penambahan daerah (map modification). Intercity Highway dan Miss Liberty adalah dua modifikasi berbeda yang saya pasang sekaligus. Tidak ada konflik antara kedua mod ini.
Intercity Highway mod menambahkan jalan bebas hambatan di sekeliling Liberty City. Terdapat tujuh pintu masuk yang tersebar di tiga wilayah Liberty City. Dengan adanya mod ini kita bisa menjelajahi wilayah Staunton Island dan Shoreside Vale lebih awal. Jalan sepanjang 9 Km ini dilengkapi dengan tempat peristirahatan, hotel , restoran, SPBU, dan kantor polisi jalan tol tapi hanya sebatas riasan saja. Jalan tol ini hanya dilalui oleh player tidak ada mobil lain yang berjalan di jalan tol ini. Lost Highway… Mod ini dibuat oleh Illspirit & ODIE. Terima kasih kawan.

Liberty Island
Miss Liberty mod menambahkan Liberty Island beserta Patung Liberty. Terlihat jelas dari belakang Kenji’s Casino (Staunton Island). Player membutuhkan boat untuk mencapai pulau ini. Sama seperti mod sebelumnya, mod ini dibuat oleh Odie. Di pulau ini juga terdapat informasi tentang sejarah Patung Liberty. Lumayan untuk menambah pengetahuan.

HD Cars + ENB series
Ya, mobil-mobil (beberapa mobil) sudah ada versi HD nya. Tentu saja modifikasi, terima kasih kepada Onepiece yang telah membuat versi HD dari mobil-mobil di GTA III. Tampilan mobil menjadi lebih baik, interior menjadi lebih jelas, dan mesin menjadi terlihat nyata. Oia, efek kerusakan pun lebih detil.
HD Car dikombinasikan dengan Enbseries akan menghasilkan tampilan menawan. Enbseries menambahkan efek-efek grafis yang tidak muncul di versi original. Efek DirectX seperti reflections, bloom, shadow menjadi lebih maksimal. Dengan mod ini tentunya GTA III akan lebih menyenangkan untuk dimainkan.

HD Claude
Tidak hanya mobil yang tersedia versi HD, Claude (tokoh utama game ini) juga tersedia HD mod nya. Tampilan lebih detail dari sebelumnya. Wajah lebih jelas dan tampil tidak kalah detil dari Nico Belic di GTA IV. Sama seperti HD Car, HD Claude juga dibuat oleh Onepiece dan texture wajah oleh Vakooja. Terima kasih kepada mereka berdua, kini Claude tampil lebih jelas.
Lainnya
  • Karakter Claude juga tampil dalam GTA San Andreas (1992), sekitar Sembilan tahun sebelum event GTA III.
  • Liberty City juga tampil kembali (bukan mod) dalam GTA San Andreas dalam misi di Las Venturas. Sayang tidak bisa dijelajahi, permainan terbatas pada ruang yang disediakan. Banyak jalan menuju kesana, silahkan kunjungi Youtube untuk lebih jelasnya.
  • Petunjuk instalasi mod bisa dibaca di readme tiap arsip mod.
  • Ada satu mod yang saya suka, total konversi GTA San Andreas, yaitu GTA United. Mod ini menampilkan dua kota, yaitu Liberty City dan Vice City (GTA Vice City) dalam satu peta. Luar biasa, versi terakhirnya 1.1. Mod yang dikembangkan oleh AMD, Aschratt, oCain dkk, cukup stabil. Konon katanya masih terus dikembangkan, karena walaupun stabil masih banyak hal yang menurut saya perlu dikembangkan. Misi pun belum ada, beberapa bagian masih kurang halus.
Terima kasih kepada AMD dkk, akhirnya saya dapat jalan-jalan keliling Liberty City menggunakan sepeda :D .
Carl Johnson (GTA: SA Protagonis di Portland-Red Light District)
Pada Tahun 1992, Subway Terendam Air :D
1992 Staunton Island-Bedford Point

Pagi-pagi bersepeda melintasi Chinatown (Portland)

Spesifikasi Minimum GTA III:
Microsoft Windows
Saya yakin spesifikasi di atas sangat ringan untuk komputer keluaran baru. Tapi untuk mengaktifkan semua fitur grafis termasuk Draw Distance maksimal dan resolusi tinggi dibutuhkan minimal spesifikasi rekomendasi. Dengan begitu frame rate akan berada pada kisaran 30+.
Untuk mengaktifkan Enbseries dengan lancar tentu dibutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi.
Tampilan Tanpa ENB Series
Tampilan dengan ENB Series
Bisa dilihat ketika Enbseries diaktifkan tampilan grafis (efek-efeknya) akan muncul. Refleksi pada mobil yang paling terasa. Untuk menjalankan GTA III dengan Enbseries, saya menggunakan spesifikasi :
Dual-Core Processor
256 MB DirectX 9.0c Card
3 GB RAM
Frame rate yang dihasilkan diatas 30. Sangat nyaman untuk dimainkan.
Penutup
Game lawas bukan berarti tidak layak untuk dimainkan lagi. Seri GTA yang menggunakan teknologi 3D adalah GTA III. Game ini menyuguhkan permainan yang menyenangkan. Tampilan grafis yang baik pada zamannya serta storyline yang kuat membuat game ini layak dimainkan lagi. Selamat ulang tahun kesepuluh GTA III, semoga akan selalu dikenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar